Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll)


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..



Ketika kita ingin mengganti Mesin TV Original (dengan alasan tertentu/Kerusakan yang sudah terlalu parah/Tidak tersedia atau langkanya Sparepart dll), dan kemudian ingin menggantinya dengan Mesin Televisi pasaran (brand China) sebagaimana pada halaman terdahulu: Mesin TV brand China (Ganti Mesin baru), maka informasi berikut ini adalah hanya Informasi tambahan saja, terkait: Petunjuk Instalasi/Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM tersebut.


Cara Pasang Yoke Defleksi TV CHINA (WCOM, HUI JIA, Dll)



Gambar Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM
Panduan Pemasangan Yoke Deflection pada Mesin TV merek WCOM

Ukuran/Nilai Toleransi (kesesuaian) Pemasangan Deflection Yoke pada Mesin TV merek WCOM atau Mesin TV brand China lainnya


Untuk panduan pemasangan ini, berikut referensinya:

  1. Ukur terlebih dahulu nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut (disarankan untuk menggunakan Multitester Digital, namun jika tidak ada kita dapat menggunakan Multitester Manual/Analog), apabila nilai resistansi dari Yoke Deflection tersebut mempunyai Nilai Resistansi di bawah 1.5 Ohm atau di atas 2.8 Ohm, maka harus dilakukan Modifikasi sehingga sesuai dengan Standar pada Mesin TV merek WCOM ini, Nilai Resistansi Standar pada Mesin TV merek WCOM ini adalah pada kisaran: 1.8 Ohm hingga 2.0 Ohm saja, apabila nilai resistansi di bawah  1.5 Ohm atau di atas 2.8 Ohm, mungkin akan menyebabkan: Tampilan Gambar Siaran akan Melebar atau Menyempit dari yang seharusnya.
  2. Kabel Biru dan Kabel Merah adalah Kabel Defleksi Horizontal (1.5 Ohm ~ 2.8 Ohm)
  3. Kabel Hijau dan Kabel Kuning adalah Kabel Defleksi Vertikal (10 Ohm ~ 15 Ohm).

Gambar Kabel Defleksi Mesin TV brand China (WCOM)
Kabel Defleksi (Yoke Deflection)

Gambar di atas adalah sebuah Kabel Yoke/Defleksi yang disertakan pada paket Mesin baru TV, Kabel yang berwarna: Merah/Biru adalah Kabel untuk Defleksi bagian Horizontal, sedangkan yang berwarna: Putih dan Hitam adalah Kabel untuk Defleksi bagian Vertikal.


Pemasangan Kabel Defleksi dan Pengaturan Lebar Layar Televisi


Setelah pemasangan Kabel Defleksi Horizontal dan Vertikal pada Pin yang terdapat pada PCB Mesin televisi tersebut, kadang kadang tampilan gambar pada layar televisi lebih lebar (melebar) atau bisa juga lebih sempit (menyempit), jika hal ini terjadi.. maka kita dapat melakukan beberapa pengerjaan lebih lanjut, yaitu:

  • Memindahkan 1 Kabel Horizontal yang berwarna Merah ke Pin Horizontal lainnya (pada umumnya Mesin TV brand China memiliki beberapa pilihan, Pin ini terhubung langsung dengan Flyback pada PCB Mesin TV, yang digunakan untuk pengaturan Lebar layar), Pasang Kabel Merah tersebut pada Pin Horizontal yang sesuai hingga mendapatkan Lebar layar dengan ukuran Normal.
  • Perubahan Nilai Kapasitor dapat dilakukan apabila langkah sebagaimana poin di atas masih tetap belum mendapatkan Lebar layar yang sesuai. Harap diperhatikan sebelumnya!! Tidak sarankan untuk merubah Nilai Kapasitor terlalu jauh dari Nilai yang seharusnya, karena akan membahayakan/ dan dapat mengakibatkan Tabung televisi kelebihan daya tampung dari seharusnya, dan akan dapat merusak Tabung televisi tersebut!!
    • Jika gambar terlalu Melebar - Lakukan penggantian secara bertahap pada Kapasitor C441, sebagai contoh: Nilai asli Kapasitor C441 adalah 394/400V, maka turunkan sedikit (secara perlahan) menjadi 334/400V, jika masih terlalu lebar.. maka dapat kita turunkan lagi menjadi 304/400V, saran kami tetaplah jangan melakukan penggantian terlalu jauh dari Nilai yang telah ditetapkan, digit ketiga pada kapasitor tersebut adalah nilai toleransi yang berarti ada 4 digit (0000) dibelakang nilai Kapasitor tersebut.

Lihat Selengkapnya: www.DeepMechines.com - Petunjuk Cara Pemasangan Yoke Defleksi TV China (WCOM, HUI JIA dll)



ADS 7

Back To Top