Kerusakan TV POLYTRON 21-Inch Susah Menyala/Gagal Start


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..



TV Polytron 21" dengan Type: MX5203M ini mengalami Kerusakan "Gagal Start atau Terproteksi" pada system, sehingga Televisi tersebut "bisa Menyala sebentar, kemudian Mati pada posisi Standby atau terproteksi, dengan perkiraan kerusakan terjadi pada bagian blok Vertikal Out-nya, maka kami melakukan langkah seperti biasanya, melakukan pemeriksaan pada bagain mesin televisi tersebut.

Hal senada pernah kami temukan pada pada kasus kerusakan sebelumnya, yaitu: Kerusakan Mati sendiri, TV Polytron 14/21-Inch (Umum). Namun sebagaimana keterangan di atas, kali ini.. kami menemukan dan memperkirakan ada gejala kerusakan pada bagian blok Vertikal Out-nya, maka kami pun melakukan penggantian pada komponen tersebut, setelah melakukan penggantian komponen Vertikal out tersebut, maka gambar siaran televisi sudah dapat menyala kembali dengan Normal, namun tidak lama kemudian TV Polytron 21" dengan Type: MX5203M ini masih tetap Mati lagi pada posisi Standby, maka kami melakukan beberapalangkah sebagaimana biasanya,yaitu:

  • Melakukan Solder Ulang pada setiap Titik Kontak pada PCB (Printed Circuit Board) bagian bawah mesin Polytron 21-Inch MX5203M ini, namun Televisi masih tetap Mati lagi pada posisi Standby, selanjutnya..
  • Melakukan Pengukuran Tegangan pada setiap blok pada mesin televisi tersebut, nampak jelas semuanya terukur Normal.
  • Melakukan penggantian komponen C 525 (220mF/400V), yaitu Elco perata tegangan pada blok Regulator Power Supply, sebagaimana pada kasus kerusakan sebelumnya, yaitu: Kerusakan Mati sendiri, TV Polytron 14/21-Inch (Umum), masih tetap tidak dapat menyelesaikan Masalah, padahal sangat jelas elco tersebut terlihat sedikit bocor pada bagian bawah komponen tersebut, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini..
Gamabr Kerusakan Komponen TV Polytron 21-Inch - MX5203M
TV Polytron 21-Inch - MX5203M (Penggantian Komponen)
  • Penelusuran jalur kerusakan, kembali tidak di temukan, penggantian IC KIA 7045A (mirip transistor 3 kaki) yang berfungsi sebagai reset data pada IC Program/Eprom juga tidak membuahkan hasil, hal ini sungguh membuat bingung, namun ketika kami menyentuh kaki no. 3 pada IC KIA 7045A, televisi yang masih dalam keadaan Standby, tiba tiba dapat menyala sebentar, meskipun kemudian mati lagi.. maka kami sedikit mendapat Titik terang, bahwa: Kemungkinan ada Error Data pada Eprom yang terdapat pada IC Program TV Polytron 21-Inch - MX5203M tersebut, maka kami mencoba melakukan Setting Parameter data dengan membuka Data Service (Service Mode)-nya.
  • Setelah beberapa kali melakukan Setting Parameter pada Televisi Polytron 21-Inch - MX5203M ini, akhirnya bisa di atasi dengan beberapa langkah sebagai berikut:
    • Membuka Data Service untuk Setting Parameter - TV dalam keadaan Standby - Tekan dan Tahan tombol Menu (pada remote) selama beberapa detik.. hingga televisi dapat menyala dengan sendirinya,selanjutnya masukan kode: 1014
    • Option0: 01001101 | IF Coarse: 12 (AFC. Out High 50Hz) | IF Fine: 50 hingga 100 max 255. Sekedar untuk di ketahui.. tidak tepatnya pengaturan IF Fine, bisa berakibat "Sinyal Siaran tidak dapat Terkunci' ketika melakukan "Auto Searching"


ADS 7

0 Komentar untuk "Kerusakan TV POLYTRON 21-Inch Susah Menyala/Gagal Start"

Back To Top