Mati Total/Standby TV SHARP 29-Inch Slim


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..



Sekitar 3 hari yang lalu (ketika artikel ini dimuat), kami kedatangan seorang yang Mengeluhkan tentang Kerusakan Televisi kepunyaan keluarganya. Secara singkat menurut penuturan orang tersebut, bahwa: Televisi tersebut merek SHARP 29-Inch, mendadak Mati dengan sendirinya, namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada Televisi tersebut masih dalam keadaan berwarna Hijau", begitulah jawaban orang tersebut, ketika kami menanyakan perihal Kerusakan TV Sharp 29-Inch yang disebutkannya itu, kami sedikit agak tertegun.. kalau TV Sharp umumnya, jika terjadi kerusakan Protek seharusnya berwarna Merah, berdasarkan hal itulah, akhirnya kami mempersilahkan untuk membawa Televisinya ke tempat Kami.

TV SHARP (Slim) 29-Inch - Kerusakan Mati Sendiri/Standby


Penyebab Mati Sendiri/TV Sharp Slim 29-Inch
Gudang Tempat kami Bekerja
Ya.. namanya televisi jenis Tabung (Hampa) adalah Perangkat Audio Visual yang memerlukan Sumber Daya (listrik) Tinggi, sehingga perlahan orang orang sudah mulai beralih ke jenis Televisi yang menggunakan LCD/LED Display yang memelukan sumber daya listrik lebih irit. Adapun Televisi jenis Tabung ini, selain memerlukan sumber daya listrik cukup tinggi, juga mempunyai tingkat panas yang cukup tinggi pula.

Kembali kepada Kerusakan Standby TV Sharp 29-Inch tersebut, setelah sampai ke tempat kami.. ketika kami nyalakan, ternyata.. memang dalam keadaan Standby, namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada Televisi tersebut sudah berwarna Merah, yang menandakan bahwa: Televisi tersebut dalam keadaan System Terproteksi, begitu menurut pemikiran kami.. pengerjaan pun segera di lakukan, berikut langkah langkah yang kami lakukan, seperti prosedur pada halaman sebelumnya: TV Sharp 14-Inch (Model: 14A20MS) - Kerusakan Standby/Protek.

Langkah Perbaikan Kerusakan Standby/Mati Sendiri pada TV SHARP (Slim) 29-Inch


Penyebab Mati Sendiri/Standby pada TV SHARP 29-Inch Slim
TV Sharp 29" Slim
  • Seperti biasanya.. Kami memeriksa semua titik kontak Timah pada bagian bawah Mesin (PCB) TV tersebut, kemudian melakukan Solder Ulang, dimana titik kontak dicurigai ada yang terlepas (Lost Contact), setelah yakin, sudah tidak ada titik kontak yang terlepas, periksa lagi dengan cermat, apakah setelah melakukan solder ulang tersebut, apakah ada titik yang short (ada hubungan pendek ke komponen lain), kemudian lakukan pembersihan Mesin dengan cairan Pembersih, seperti: Thinner dan yang sejenismya, sehingga akan lebih memudahkan ketika melakukan analisa kerusakan selanjutnya.
  • Setelah melakukan Poin di atas, kami coba ON kan TV, tetap belum ada perubahan.. Cek tegangan OK, IC Vertikal OK, langkah berikutnya.
  • Kemudian kami mengganti Elco (C) untuk Filter tegangan RGB yang berukuran 10mF/250V, lalu kami coba ON kan kembali.. byar.. TV dapat menyala kembali.. 
Wah.. ini kerusakan selalu berulang, sering sekali kerusakan seperti ini di temukan pada jenis TV SHARP, begitu menurut pemikiran kami), tapi..eits ;) tunggu dulu..!! setelah Televisi dapat Menyala Normal, selang beberapa Menit kemudian Televisi kembali Mati namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada Televisi tersebut masih dalam keadaan berwarna Hijau, nah ini dia mungkin yang di maksud dengan Televisi tersebut merek SHARP 29-Inch, mendadak Mati dengan Sendirinya, namun dalam Kondisi Lampu Led Indikator pada TV tersebut masih dalam keadaan berwarna Hijau, sebagaimana persis penuturan si Pemilik TV tersebut pada awal artikel ini.

Kami coba Goyang Mesin TV tersebut, byar.. menyala kembali.. nah sekarang sudah mendapat titik terang bahwa: di mana titik kontak yang terlepas..

Lihat selengkapnya: www.DeepMechines.com - Kerusakan Mati Sendiri/Standby TV SHARP (Slim) 29-Inch



ADS 7

Back To Top