Mati Total TV POLYTRON U-Slim 29-Inch


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..



Kali ini mendapatkan panggilan, untuk Perbaikan Televisi di rumah tetangga yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja kami, Televisi dengan Merek: POLYTRON, berdiameter 29-Inch, Seri: ULTRA SLIM (U-Slim) ini dikeluhkan mengalami Kerusakan Mati Total, Lampu Indikator pada televisi itu pun sama sekali tidak Menyala.

Sebenarnya kami sudah menyarankan agar Televisi tersebut di bawa saja ke tempat kami, namun Pemilik bersikeras, agar Televisi di perbaiki di tempat dia saja, dengan alasan Televisi tersebut terlalu berat untuk di bawa, dan lagi anaknya tidak bisa barang sehari ketinggalan Nonton Sinetron, dengan alasan ini.. saya hanya bisa tersenyum sambil geleng geleng kepala.. ;)

Perbaikan Kerusakan Mati Total pada TV Polytron 29-Inch U-Slim (Umum)


Beberapa Kasus Kerusakan TV POLYTRON ini, sudah kami muat pada beberapa halaman lain di bawah ini:

  1. TV Polytron DIVA 29-Inch (PS 3025) - Muncul Garis Bagian Atas Layar
  2. Kerusakan TV Polytron 21-Inch (PN 20125) - Standby, Kadang Menyala
  3. Lampu Indikator BerkedipKerusakan Gagal Start (Protek) TV Polytron 21-Inch - MX5203M
  4. Beberapa Kasus Kerusakan TV POLYTRON 21-Inch, Type BB 5132 M,
  5. TV Polytron 29-Inch U-Slim - Kerusakan Mati TotalKerusakan Standby (Mati Sendiri) - TV SHARP 14-Inch (14R20MSG)
Kerusakan Mati Total TV Polytron 29-Inch U-Slim
TV Polytron 29-Inch U-Slim
Kembali ke Permasalahan TV Polytron 29-Inch U-Slim , yang mengalami Kerusakan Mati Total ini, pengecekan komponen segera kami lakukan, terutama blok HORIZONTAL OUTPUT, dan memang benar TR Horizontal terukur Short.

Sebelumnya, berikut beberapa Komponen Utama TV Polytron 29-Inch U-Slim yang sempat Tercatat pada kami:

  • FET (Power Supply): 1DO1BJ-FQPF-7N65C
  • FBT (Flyback): ? (tidak sempat tercatat)
  • Tr Horizontal Output: ? (tidak sempat tercatat)
  • IC Vertical Amp: LA 78141
  • IC Audio Amp: LA 42152
  • IC Audio (Subwoofer): TDA 2030A
  • IC Micom: HBT-04-003G
  • IC EPROM (memory): 2416-2PLI
5 Komponen yang Rusak pada TV Polytron 29-Inch U-Slim, (yang pada awalnya mengalami kerusakan Mati Total sebagaimana tersebut di atas), ada beberapa komponen, yaitu: Tr Horizontal, 2 x Capasitor dan 1 x Elco dan 1 x Resistor, berikut pada gambar di bawah ini, letak Posisi komponen dan Tahap Pengerjaannya:

Perbaikan Kerusakan Mati Total - TV Polytron 29-Inch U-Slim
Area Horizontal Output yang Bermasalah

Tahap Pengerjaan Perbaikan Mati Total TV POLYTRON (U-Slim) 29-Inch

  • Tr - Posisi Transistor Horizontal Output, Tr Hor ini Short.. bisa terjadi karena kondisi Tr tersebut sudah melemah karena Penggunaan, yang jelas Tr tersebut sudah Short tinggi, sehingga Tegangan B+ dari Power Supply menjadi Drop, bahkan hampir tidak ada, terbukti Lampu Indikator pada TV tersebut tidak Menyala sama sekali, akibat Drop tegangan yang terjadi, Penggantian TR Horizontal segera kami lakukan..
  • Ca - Capasitor ini juga sering juga mengalami kerusakan, namun kali ini Ca dalam kondisi masih Bagus.
  • Kerusakan Mati Total/Gambar Melebar TV Polytron 29-Inch U-Slim
    Capasitor B/H-Width - Area Horizontal Output TV
  • Cb - Elco 2.2mF/160V, ELCO tersebut terlihat kembung, penggantian komponen ini segera kami lakukan.
Setelah melakukan beberapa tahap penggantian Komponen tersebut di atas, kemudian kami melakukan uji coba, untuk meng ON-kan (menghidupkan) Televisi tersebut, TV Polytron 29-Inch U-Slim yang mengalami Kerusakan Mati Total tersebut sekarang sudah dapat Menyala kembali, namun.. tenyata Gambar Siaran nampak Melebar sekali, hampir hampir Logo Stasiun TV tidak dapat terlihat.. dan tidak lama setelah itu.. televisi Mati Total kembali, karena Tr Horizontal Rusak/Short, langkah selanjutnya, berdasarkan beberapa pengalaman kami, kemungkinan masih ada Capasitor (C) yang mengalami kerusakan (bocor/putus/habis kapasitansinya), dan benar saja..! Kapasitor dengan tanda Cc (lihat gambar di atas), ternyata sudah putus, terlihat juga pada body komponen tersebut, tampak menggelembung karena panas, akibat kehabisan/kelebihan kapasitansinya, sebagaimana kita ketahui komponen kapasitor memiliki pemisah/kondensasi/cairan elektrolit antar kedua kaki komponen tersebut.

Akibat kerusakan Capasitor ini (Caps: 304nF/400V), Gambar Siaran TV tampak Melebar, hingga Logo Stasiun TV hampir tidak Terlihat, Tr Horizontal kembali Short/Rusak karena..

Lahat selengkapnya:  www.DeepMechines.com - TV Polytron 29-Inch U-Slim - Mati Total dan Beberapa Kasus Kerusakan Lainnya



ADS 7

Back To Top