TV SHARP 14S20MS - Kerusakan Mati Total


Terjemahkan Halaman ini ke Bahasa..



Setelah beberapa lama kami tidak update Artikel tentang: Perbaikan Televisi, karena beragam kesibukan lain, sekarang.. kami mendapatkan kasus "Kerusakan TV" Sharp 14-Inch, Model: 14S20MS, dengan keluhan: "TV dalam keadaan Mati Total" setelah di perbaiki di tempat lain, Televisi tersebut sudah di pasang "Power Switching Gacun", kalau bisa di kembalikan mempergunakan "Power Regulator" aslinya saja, begitu tutur si Pemilik TV tersebut, kamipun mengatakan: "Nanti kami coba usahakan agar Power Regulator tetap mempergunakan aslinya atau dengan kata lain kami akan coba perbaiki Power Regulator bawaan dari Televisi tersebut dengan Persyaratan "Komponen dan Jalur PCB pada Power Regulator bawaan tersebut, tidak mengalami kerusakan yang terlalu Parah", dan kamipun meminta televisi itu di tinggal saja dahulu, karena mungkin memerlukan waktu berhari hari, selain itu kami harus menyelesaikan perbaikan perangkat lain sesuai dengan perjanjian, si Pemilik Televisi itupun menyetujuinya.

Sekitar 1 - 2 hari kemudian, kami memulai untuk melakukan pengecekan terhadap Televisi merek SHARP 14" tersebut, setelah membuka penutup belakang (cover) televisi tersebut memang benar, Power Supply Regulator TV SHARP tersebut, sudah di ganti dengan Power Switching lain, yaitu: merek Gacun, sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

Perbaikan Kerusakan Mati Total pada TV SHARP 14S20MS


Perbaikan Mesin TV Sharp 14S20MS
Sesuai dengan pembicaraannya, maka kami memeriksa pada bagian Power Supply Regulator TV SHARP 14-Inch tersebut, memang komponen dan jalur PCB (Printed Circuit Board) memang mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah, meskipun ada beberapa jalur pada PCB tersebut memang putus (terkelupas), berdasarkan alasan itu, maka kami mencoba memperbaiki lagi bagian (blok) Power Supply Regulator TV SHARP tersebut ke kondisi semula dan melepas Power Switching pengganti merek "Gacun" tersebut.

Setelah mengganti beberapa komponen dan merapikan kembali jalur pada bagian "Power Supply Regulator" dan ketika kami mencoba meng ON kan televisi dengan menekan Tombol ON/OFF, Lampu Indikator sekarang menyala "Merah" kemudian "Hijau" sebentar dan kembali ke warna "Merah" tanpa berkedip, yang menandakan terjadi "Protek System" pada Televisi tersebut.



Gambar Mesin bagian Bawah TV Sharp 14S20MS
Area Kerusakan pada TV SHARP 14" -  Model: 14S20MS
Secara Ringkas, kami mendapati beberapa komponen yang terlihat Short pada bagian Supply DC 9V dan 5V pada sekitar komponen IC DC dengan No Seri: 090RDA1, terlihat komponen R726 = 4,7 Ohm/0,5W, D716 = A 3,6V (maaf kalau saya salah, komponen ini short tinggi, komponen ini tidak kami pasang lagi, melainkan kami lepas saja, namun.. demi keamanannya, ganti komponen tersebut dengan ukuran yang sama, agar tidak terjadi kerusakan fatal yang mungkin saja dapat mengakibatkan kerusakan pada IC Micom (program) pada mesin televisi ini! - (ganti dengan Dioda sejenis atau bisa mempergunakan 1N4148).

Lihat selengkapnya: www.DeepMechines.com - Kerusakan Mati Total TV SHARP 14" -  Model: 14S20MS



ADS 7

1 Komentar untuk "TV SHARP 14S20MS - Kerusakan Mati Total"

Back To Top